Kamis, 05 Februari 2009

Cara membuat kompos sederhana..mumpung lagi liburan..

Hoi..agh'ers..mumpung lagi liburan..kita coba2 dapetin experience yuks..

kita coba ngebuat kompos sendiri dari sisa2 daun ato makanan..

nih dia langkah2 membuat kompos..

1. Cacah bahan utama brupa jerami/dedaunan atau sisa2 sayur yang sudah dikeringkan agar bentuknya rapi dan untuk memudahkan proses penguraian. Jika menggunakan pupuk kandang, bersihkan dari sampah organik seperti ranting, tongkol jagung, dan batang rumput gajah yang dapat mengganggu proses pembuatan atau pengadukan.

2. Campurkan bahan tambahan berupa sekam atau serbuk gergaji, aduk hingga merata

3. Buat larutan dari EM4 (bisa juga pake lindi yaitu cairan sisa pengomposan), gula pasir, dan air. Aduk hingga benar2 larut dan tercampur rata. (EM4 atau Effective Microorganism bisa di beli di toko2 dengan harga yang terjangkau kok). oya, jangan pernah kena garam dan sabun yaa..itu bisa menghambat pembentukan EM..

4. Campurkan larutan secara merata di bahan yang telah disiapkan. Usahakan agar larutan dan bahan tercampur dengan baik. Pastikan pada saat mencampur tidak ada cairan yang mengalir terbuang. Ini bisa dilakukan dengan cara menuang larutan sedikit demi sedikit.

5. rapikan dalam bentuk gundukan. Tingginya 20cm sampai dengan satu meter.(kalau dalam volume kecil (sedikit), bisa menggunakan kantong plastik untuk sampah (trash bag) atau tong/drum)

6. Tutup gundukan menggunakan pastik, karung, atau kain terpal.

7. aduk (bolak-balik) satu kali setiap hari, dengan membalik bahan sedemikian rupa sehingga lapisan bagian bawah menjadi berada di atas dan sebaliknya. hal ini dilakukan agar suhu pada bahan tidak terlalu panas. Pada saat fermentasi, suhu akan meningkat sekitar 50 derajat celcius.

8. Rapikan dan tutup kembali.

- proses fermentasi akan berlangsung selama 8 hari. kompos yang sudah jadi memiliki ciri gembur, dingin, dan sudah tidak mengeluarkan bau. setelah itu, kompos siap digunakan

nahh..gampang kan..?
daripada bengong yang ga jelas mendingan ngapain gitu..hehehe

(diambil dari Cara Praktis Membut Kompos_Redaksi Agromedia)

0 komentar: